Pages

Jumat, 24 Oktober 2014

PERSIAPAN PERNIKAHAN

MEMPERSIAPKAN PERNIKAHAN 

TANPA WEDDING ORGANIZER


Alienco.net

Mempersipakan pesta pernikahan memang merepotkan, apalagi jika kedua pasangan sibuk berkerja. Namun, meski melelahkan tidak sedikit pasangan yang lebih memilih untuk mempersiapkan sendiri tanpa bantuan wedding organizer. Dengan perencanaan dan kalkulasi matang, kita bisa menyelenggarakan pesta pernikahan selancar dan sesukses pernikahan yang dibantu oleh wedding organizer. Hal Pertama yang harus Anda lakukan adalah tentukan tanggal pernikahan. Setelah itu, Anda juga perlu menyesuaikan budget dengan rencana pernikahan. Berikut ini beberapa tipsnya: 
  • Buat Daftar 
Sebelum memulai ‘perjuangan’ dalam mempersiapkan pernikahan, ada baiknya kita membuat daftar yang berisi hal-hal yang perlu kita lakukan maupun lengkapi. Beberapa hal tersebut di antaranya: Pendaftaran di KUA atau Catatan Sipil, Sewa gedung (jika menggunakan gedung), Sewa dekorasi dan pelaminan, Sewa meja dan kursi tamu, Sewa audio, MC, Hiburan, Mas kawin, Gaun pernikahan, Penata rias, Katering, Undangan Pernikahan, Souvenir Pernikahan, Seragam untuk keluarga, Petugas among tamu, Dokumentasi danFoto pre wedding. Setelah membuat daftar di atas, Anda juga harus membuat perkiraan budget yang akan dikeluarkan untuk masing-masing item di atas. Untuk memudahkan, Anda bisa membuat folder tersendiri di komputer dalam bentuk Ms. Excel sehingga anda bisa dengan mudah mengecek hal-hal yang sudah dipersiapkan dan memasukkan budget atau anggaran pernikahan. Buat juga daftar susunan acara sehingga pelaksanaan pernikahan dan pesta pernikahan tidak terlalu berdekatan (terlebih bila tempat menikah (akad nikah) jauh dari tempat pesta pernikahan. 
  • Pendaftaran di KUA atau Catatan Sipil 
Datangi kelurahan setempat untuk mengetahui syarat-syarat pendaftaran pernikahan. Sebaiknya Anda sudah melakukan pendaftaran jauh-jauh hari, terutama bila ingin menikah di tanggal cantik sebab pastinya banyak juga pasangan yang ingin menikah di hari tersebut. Jangan lupa untuk melengkapi syarat-syarat pendaftaran. Anda bisa pelajari persyaratannya di internet sehingga kita tak perlu bolak-balik ke kelurahan, KUA atau Catatan Sipil. 
  • Persewaan 
Jika ingin merayakan pesta pernikahan di gedung, Anda sebaiknya hubungi gedung yang akan digunakan jauh - jauh hari sebelum acara pernikahan, terlebih bila memang pernikahan diadakan di tanggal cantik atau di hari libur. Cari tahu juga berapa kira-kira kapasitas tamu, luas gedung, tempat parkir (apakah tersedia atau tidak) dan harga sewa gedung. Harga sewa tentu tergantung besar dan ‘ketenaran’ gedung. Buatlah beberapa pilihan gedung lebih dulu sebelum memutuskan untuk menyewa sebagai perbandingan harga. Setelah kita menentukan gedung yang akan digunakan, bayarlah uang muka (DP) sebagai tanda kesepakatan. 
  • Katering 
Katering merupakan hal utama dalam pesta pernikahan. Tak ada salahnya mengunjungi beberapa katering untuk mengetahui harga dan kualitas makanan. Katering biasanya sudah menyediakan orang atau petugas yang berjaga maupun meja-meja makan, sehingga kita tidak perlu dipusingkan dengan urusan peletakan meja atau gubug makanan. 
  • Undangan Pernikahan dan Souvenir Pernikahan
Kirimkan undangan setidaknya 2 minggu sebelum acara pernikahan dilangsungkan untuk keluarga yang tinggal di luar kota, ada baiknya undangan dikirimkan jauh-jauh hari sebelumnya karena tentu mereka harus memikirkan transportasi maupun penginapan jika ingin menghadiri pernikahan kita. Ada kalanya kita juga menyediakan penginapan untuk keluarga yang tinggal di luar kota, untuk memudahkan mereka selama menghadiri pernikahan kita. 
  • Baju Pernikahan 
Tentukan gaya pernikahan yang akan digunakan, apakah tradisional atau modern. Anda bisa menentukan baju pernikahan dengan melihat model-modelnya dari majalah atau internet.Anda juga memiliki pilihan apakah ingin menjahit sendiri baju pernikahan atau menyewanya. Beberapa pasangan kini memilih menyewa baju pernikahan karena berasumsi bahwa sayang jika baju tersebut hanya digunakan sekali. Namun, menjahit sendiri baju pernikahan juga pasti memberikan kenangan tersendiri karena meskipun tidak akan dipakai lagi, baju tersebut bisa kita simpan dengan rapi di lemari. 
  • Penata Rias 
Sesuaikan jenis riasan dengan gaya pernikahan. Penata rias untuk pernikahan tradisional biasanya berbeda dengan penata rias untuk pernikahan modern. Ada baiknya kita meminta penata rias tersebut melakukan percobaan lebih dulu sehingga kita tahu apakah make up yang diaplikasikan sesuai dengan yang kita inginkan. Lihatlah portofolio make up sebelum dan sesudah. 
  • Panitia Pernikahan 
Meskipun tidak menggunakan wedding organizer (WO), kita tetap harus memiliki panitia pernikahan. Panitia ini dimaksudkan untuk membantu kelancaran persiapan dan pelaksanan pernikahan. Libatkalah keluarga dan sahabat terdekat anda.

sumber : http://informasitips.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates