Pages

Selasa, 14 Oktober 2014

PERSIAPAN ANGGARAN PERNIKAHAN

Alienco.net
Pernikahan adalah sebuah momen terindah yang akan dikenang sepanjang hidup seseorang dan pernikahan hanya diinginkan terjadi sekali seumur hidup. Jadi, wajar apabila semua pasangan pengantin menginginkan resepsi pernikahan yang meninggalkan kesan yang mendalam. Oleh karena itu, tak heran bila banyak calon pengantin yang rela mengeluarkan dana yang terbilang fantastis demi mewujudkan pernikahan impian yang mampu meninggalkan kesan mendalam. 

Pernikahan menyatukan dua manusia menjadi satu keluarga. Pernikahan juga menyambung silaturahmi antara dua keluarga besar menjadi saudara. Dalam menentukan biaya pernikahan, penghitungan yang cermat mutlak diperlukan untuk menghindari terjadinya kekurangan perlengkapan pernikahan maupun over budget. Nah, kali ini saya akan membahas  beberapa komponen biaya yang wajib diperhatikan dalam menghitung biaya pernikahan

  1. Biaya Sewa Gedung, salah satu hal yang seringkali menelan biaya cukup besar adalah sewa tempat atau gedung..Bila pernikahan dilakukan di gedung, hotel, atau hall yang memerlukan biaya, maka biaya sewa gedung wajib masuk perhitungan, tapi bila pasangan memilih melakukan pernikahan di rumah, maka biaya ini bisa dicoret.
  2. Biaya Administrasi bukan hanya biaya KUA, Selain mempersiapkan biaya untuk administrasi KUA, jangan lupa untuk menyiapkan fee untuk jasa penghulu dan asistennya. Jika, melakukan pernikahan diluar kantor KUA siapkan uang transportasi. 
  3. Dokumentasi,  foto pre wedding, foto wedding,video pernikahan dan album pernikahan merupakan hal penting dalam mengabadikan momen terindah anda.Besarnya mulai ratusan ribu sampai beberapa juta.
  4. Undangan untuk mengetahui anggaran yang harus dikeluarkan untuk membuat undangan kalikan jumlah tamu undangan dengan harga tiap undangan di kali dua. Untuk mempermudah, berikut ilustrasinya: Jika biaya cetak per undangan adalah Rp. 5.000,- dan orang yang akan diundang berjumlah 100 orang, maka anggaran undangan yang harus disiapkan adalah 100 x 5000 x 2 = Rp. 1000.000. Untuk mendapatkan harga yang lebih hemat lagi, siasati dengan memilih jenis undangan yang sesuai dengan anggaran cetak undangan yang disediakan.
  5. Gaun Pernikahan, Begitu berharganya momen pernikahan membuat segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan baik, termasuk soal gaun pernikahan, pada artikelnya sebelumya saya telah membahas tips memilih gaun pernikahan. Nah, baju pernikahan di sini bukan saja yang dikenakan pengantin tetapi juga dikenakan oleh keluarga dan kerabat pengantin saat resepsi. Oleh karena itu, sesuaikan dana yang dianggarkan dengan baju yang dibutuhkan.
  6. Tata Rias menentukan hasil akhir tampilan seorang pengantin membuatnya masuk ke daftar hal-hal yang selalu diprioritaskan para calon pengantin. Nah, statusnya yang begitu penting ini membuat tata rias juga harus punya pos anggaran tersendiri dalam penyelenggaraan pernikahan. Untuk mendapatkan riasan yang bagus dan tetap ramah kantong, pilihlah perias yang sudah kita kenal, Dear.
  7. Wedding Catering,  melalui catering pernikahan akan terlihat bagaimana mempelai menjamu para tamunya, usahakan untuk maksimal dalam hal yang satu ini. Siapkan anggaran tersendiri, pilihlah catering vendor yang sudah teruji, kemudian tentukan sendiri hidangan apa saja yang akan ada dalam pestamu. 
  8. Souvenir Pernikahan,  tanda terima kasih dan kenang-kenangan dari penganin kepada para tamu yang sudah bersedia hadir dan memberikan doa restu, souvenir tidak bisa dipersiapkan sembarangan, sesuaikan souvenir pernikahan yang dipilih dengan kebutuhan dan dana keseluruhan yang tersedia. 
  9. Mobil Pengantin, pesta pernikahan tergolong momen yang spesial, maka kita harus mempunyai anggaran menghias mobil pengantin agar mobil yang digunakan tampil cantik di hari terindah dalam hidup.
  10. Biaya Tak Terduga komponen biaya yang satu ini sudah tak asing lagi. Apapun perhelatannya, biaya tak terduga wajib dihitung dalam perencanaan biaya. Minimal cukup 10 persen dari total biaya keseluruhan bertujuan mengantisipasi biaya-biaya tak terduga dalam perayaan pesta pernikahan.
Sekian artikel kali ini, sampai bertemu di artikel selanjutnya ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates