Pages

Kamis, 16 Oktober 2014

PERSIAPAN PERNIKAHAN DALAM WAKTU YANG SINGKAT



Alienco.net
Pernikahan adalah sebuah momen terindah yang akan dikenang sepanjang hidup seseorang. Jadi, wajar apabila semua pasangan pengantin menginginkan resepsi pernikahan yang meninggalkan kesan mendalam. Sebuah acara resepsi pernikahan pasti akan membutuhkan proses yang panjang dan cukup rumit. Tak hanya satu dua bulan saja, bahkan ada calon penggantin yang mepersiapan acara pernikahan bisa berlangsung hingga satu tahun. Ya, mempersiapkan pernikahan tentu tidak mudah mempersiapkan pesta ulang tahun.


Masing-masing kebutuhan harus dipersiapkan secara matang dan detai demi kesempurnaan dan kesan yang mendalam di acara resepsi pernikahan Anda. Namun terkadang kita dihadapkan oleh situasi, untuk segera melangsungkan pernikahan dalam waktu yang cepat. Jangan kawatir, karena semua bisa diatasi yang perlu diperhatikan, Calon Pengantin tak bisa melakukan semua sendiri  kita membutuhkan  EO (Even Organizer) yang membantu, bisa berasal dari lingkungan teman/keluarga atau lingkungan profesional.

Alienco.net
Nah, ada beberapa hal yang harus Anda tentukan dan disepakati bersama pasangan calon pengantin, sebelum melakukan persiapan lainnya, yaitu:
  1. Persiapkan mental anda. Banyak orang yang beranggapan bahwa masalah selalu bermunculan mendekati hari H pernikahan. Terlepas benar tidaknya anggapan ini, nyatanya banyak pasangan merasa stress saat mempersiapkan pernikahan mereka. Oleh sebab itu, fisik dan mental harus anda persiapkan dengan matang.
  2. Tentukan budget yang ingin anda keluarkan. Silakan bicarakan dengan pasangan seberapa banyak budget yang akan kalian sediakan untuk pesta pernikahan ini, sesuaikan dengan kondisi keuangan anda jangan terlalu memasaksan untuk pesta yang mewah jika budget tidak cukup karena kehidupan yang sebenarnya adalah kehidupan setelah menikah.
  3. Tentukan temanya. Setiap pasangan mempunyai konsep pernikahan yang berbeda-beda. Bicarakan dengan jelas, hal ini kepada pasangan anda yang harus anda ingat, jangan egois karena ini adalah pernikahan kalian berdua. Bayangkan seperti apa acara pesta pernikahan Anda? Apakah di tempat terbuka atau di gedung?Tema apa yang dipilih, pakai pakaian adat atau modern?Jenis pestanya: informal, kekerabatan, sakral ?Tema warna, apa warna pakaian pengantin, kedua orangtua, para among tamu dsb nya ?
  4. Bagaimana pelaksanaan acaranya. Apakah acara akad nikah dan resepsi diselenggarakan pada tempat terpisah  atau dilangsungkan pada hari yang sama dan tempat yang sama.
  5. Lokasi Pernikahan. Apakah anda tipe yang nyaman dengan lingkup rumah tinggal dansangatmenghargai sisi historis yang tersemat di dalamnya. Seperti masa kecil, remaja dan kemudian menikah semua anda ingin lewatkan disana sebelum anda menempuh hidup baru bersama suami anda. Namun bila anda tidak terlalu sentimental, kemudian menginginkan aura berbeda dan mewah, Anda bisa menyoba sewa gedung atau ballorm hotel (sesuaikan dengan konsep dan budget anda).

Jika kelima hal tadi telah disepakati oleh kedua pasangan, maka acara lain dapat diringkas sebagai berikut:

  1. Akad nikahSahnya suatu pernikahan adalah pada keabsahan akad nikah, karena resepsi hanyalah tambahan. Jadi pertama-tama harus dipastikan apakah dokumen untuk terlaksananya akad nikah telah terpenuhi, siapa petugas KUA nya, dimana akad nikah akan dilakukan. Untuk meyakinkan, sebaiknya disiapkan kendaraan untuk menjemput petugas KUA agar bisa hadir pada tempat acara pada waktu yang tepat, apalagi jika acara akad nikah ini akan dilanjutkan dengan resepsi2. Undangan.
  2. Tentukan orang-orang yang ingin anda undang. Keluarga dekat tentu yang terpenting saat menghadiri prosesi pernikahan. Sedangkan kolega bisnis dan teman-teman bisa disesuaikan dengan jumlah undangan yang anda buat. Semakin banyak undangan, semakin banyak pula budget yang harus anda persiapkan. Perhatikan hal ini baik-baik.
  3. Bila acaranya mendadak. tak banyak pilihan yang bisa diharapkan, anda bisa memesan kartu undangan dipercetakan yang banyak bertebaran di kota dimana Anda berada. Lupakan untuk memberikan tambahan foto atau pernak pernik seperti pita, bunga dan sebagainya pada kartu undangan, karena untuk kartu undangan seperti ini harus dicetak dalam waktu satu bulan.Karena mempersiapkan acara pernikahan hanya selama dua minggu, mau tak mau saya harus memilih kartu undangan yang sederhana, namun cantik, dan sesuai dengan tema acara “kekerabatan” karena hanya mengundang kerabat dan teman dekat, baik untuk pengantin maupun orangtua kedua pengantin. Untuk mencetak kartu undangan ini dibutuhkan waktu 5 (lima) hari, akibatnya selain dikirim lewat kurir, melalui pos, email… teman-teman juga diundang melalui media sosial atau sms.
  4. Souvenir. Bila waktu cukup, memilih souvenir adalah saat yang sangat membahagiakan karena merupakan kenang-kenangan pengantin kepada para tamu. Pasar jatinegara,asemka,cikini menjual souvenir dengan harga relatif murah.
  5. Pakaian pengantin dan perias pengantin. Apabila yang lain bisa diserahkan pada EO, teman atau kerabat, maka pemilihan pakaian pengantin dan perias harus dilakukan oleh calon pengantin sendiri. Jangan sampai Anda memilih perias pengantin yang salah, lihatlah portofolio make up sebelum dan sedudah. Pakaian pengantin ini bisa disewa, atau bisa dijahitkan pada penjahit yang khusus menjahit busana pengantin.
  6. Katering. Ini sangat menentukan, karena akan sangat memalukan jika sampai terjadi tamu kehabisan makanan atau makanan kurang enak. Pada umumnya gedung yang disewa meminta kita memilih salah satu katering yang telah menjadi langganan gedung tersebut, jika menggunakan katering luar akan terkena service charge. Karena katering ini sangat menentukan, perlu menanyakan referensi dari teman atau keluarga yang pengalaman, dan katering yang dipilih adalah pada saat acara telah selesai, makanan masih bersisa banyak.
  7. Dokumentasi. Menemukan fotografer yang tepat untuk foto pernikahan juga akan menguras waktu dan tenaga. Pasalnya fotografer yang handal selalu diburu oleh pasangan yang hendak melakukan pernikahan. Mereka punya jadwal yang ketat sehingga anda harus sabar menantikannya. Namun jika anda sudah melakukan kontak sejak awal, kemungkinan besar ia bisa hadir pada pesta pernikahan anda. Anda bisa memulai pencarian dari teman-teman dekat, mungkin salah satu dari mereka adalah fotografer yang handal. 
  8. Musik pengiring acara. Ini disesuaikan dengan tema pestanya, apakah secara adat, yang menggunakan musik pengiring berupa karawitan (sesuai adat yang digunakan), ataukah acaranya modern sehingga menggunakan musik pengiring berupa band lengkap dengan penyanyi nya.


Walaupun telah dipersiapkan dengan baik ternyata pada saat acara masih banyak kekurangan,  hal ini sangat wajar. Pesta yang melibatkan orang banyak, dengan beragam sifat, membutuhkan kemampuan untuk mengelola. Kalaupun ada kekurangan sedikit, tak perlu disesali, tapi kita berusaha memberikan pelayanan pada para tamu sebaik-baiknya.Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates